Acara TV Yuk Keep Smile Trans 7 Berhenti Tayang

0
Acara TV Yuk Keep Smile Trans 7 Berhenti Tayang
Acara TV Yuk Keep Smile Trans 7 Berhenti Tayang-Mulai malam ini acara YKS ( Yuk Keep Smile ) resmi berhenti tayang sementara setelah KPI ( Komisi Penyiaran Indonesia ) telah menjatuhi sanksi administrasi penghentian tersebut.

Dikutip di website KPI Berdasarkan pengaduan masyarakat, pemantauan langsung KPI dan hasil analisa, KPI menemukan adanya pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standa Program Siaran (P3 & SPS) KPI tahun 2012 pada program “Yuk Keep Smile” yang ditayangkan Trans TV pada 20 Juni 2014 pukul 19.22 WIB.

Pada program tersebut, YKS menayangkan adegan pengisi Acara yang sedang dihipnotis sehingga melecehkan artis Benyamin Sueb.  Hal ini merupakan pelanggaran terhadap pasal 24 ayat (1) Standar Program Siaran yang melarang program siaran menampilkan ungkapan kasar dan makian, baik secara verbal maupun nonverbal, yang mempunyai kecenderungan menghina atau merendahkan martabat manusia.

Program YKS ini sebelumnya telah mendapat sanksi administratif berupa teguran pertama pada 3 Januari 2014, teguran kedua pada 5 Februari 2014 dan pengurangan durasi pada 13 Maret 2014. Sanksi penghentian sementara ini diambil sesuai dengan kewenangan KPI sebagaimana yang diberikan Undang-Undang nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran, pasal 55 ayat (2).

Judha menegaskan bahwa sepanjang pelaksanaan sanksi administratif, Trans TV tidak boleh mengganti program YKS dengan format program yang serupa baik di waktu siaran YKS maupun di waktu lainnya, sesuai dengan pasal 80 ayat (2) dalam Standar Program Siaran.
 

Sungguh disayangkan memang acara yang cukup menghibur ini harus terhenti, namun sebagai bentuk pembelajaran bagi setiap stasiun pertelevisian Indonesia untuk bisa berfikir dan menelurkan tayangan yang lebih mendidik dan membangun serta selalu mematuhi aturan aturan, norma, adat yang sopan dan santun. Tidak hanya mengejar popularitas tayangan dan rating belaka. 

Blogging