Misteri Pasutri Pembentuk Telaga Sarangan/Pasir Magetan.

0
Misteri Pasutri Pembentuk Telaga Sarangan/Pasir Magetan.
Magetan Jawa Timur, Misteri Pasutri Pembentuk Telaga Sarangan/Pasir Magetan.- Sudah pernah mendengar Telaga pasir atau masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Telaga sarangan. Jika sudah tentunya tau dong cerita asal muasal terbentuknya telaga tersebut, dan bagi yang belum kesana dan belum tahu ceritanya berikut cerita dari masyarakat setempat bagaimana terbentuknya.

Dulu kata mereka, cerita turun temurun dari kanek neneknya para penduduk sekitar sebelum danau pasir atau danau sarangan ini terbentuk sebelumnya adalah dataran tinggi yang masih berbentuk hutan belantara yang sangat subur. di tempat tersebut konon hidup seorang pasangan suami istri yang bernama Kyai dan Nyai  Pasir.

Mereka menempati daerah itu dan kegiatannya sebagai petani yang menggarap dan bercocok tanam. Hingga pada suatu ketika pasangan suami istri ini bersemedi untuk memperoleh kesehatan dan panjang umur. menurut cerita setelah semedi mereka mendapatkan petunjuk untuk mengambil sebuah telur yang berada tidak jauh dari ladang yang mereka garap untuk dimakan. Akhirnya pergilah kyai pasir untuk mencari telur tersebut. benar saja setelah itu kyai menemukan sebuah telur dan kemudian dibawanya pulang.

Sampailah dirumah dan langsung meneberikan telur itu untuk dimasak oleh istrinya, setelah masak mereka berdua akhirnya memakan sesuai wangsit yang mereka dapatkan dari semedinya. Setelah memakannya timbulah sesuatu kejadian aneh bahwa kedua kyai pasir dan nyai pasir merasakan panas dan gatal di sekujur tubuhnya. karena merasa panas dan gatal akhirnya kedua kyai dan nyai tergelatak dan berguling guling di pasir dan akhirnya berubah menjadi Sesosok Naga.

Karena gesekan kedua naga itulah terbentuk sebuah cekungan yang kemudian memancarkan mata air yang sangat besar hingga akhirnya terbentuklah telaga yang seperti saat ini.

Itulah cerita dari masyarakat setempat yang hingga saat ini masih di percayai oleh penduduk setempat.

Blogging