Tidak Lulus Seleksi Perguruan Tinggi Negeri, PTS pun Oke.

0
Malang-Ada yang menarik setiap kali musim pendaftaran mahasiswa angkatan baru. banyak siswa SMU/Sederajat setelah mengikuti UAN selalu tumpah ruah di salah satu kota pelajar di Malang jawa timur ini. dari berbagai luar kota sekitaran malang pun ikut berbondong bondong ke kota ini seperti Madiun, Blitar, Surabaya, Kediri, Tulungagung dan seputaran lainnya.

Fenomena ini tak lain adalah untuk mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi penerimaaan mahasiswa baru. memilih tempat belajar lanjutan sesuai dengan minat, bidang dan Favorit kampus masing masing. sebut saja kampus Negeri seperti Unbra, UIN Malang menjadi tampak ramai di kunjungi para alumnus siswa abu abu ini. Semuanya ingin masuk dan menjadi bagian dari kampus yang mereka idam idamkan.

Tapi sayang nya dari sekian banyak pendaftar tidak semuanya keterima karena harus bersaing dari berbagai kota di indonesia untuk memperebutkan jumlah atau kuota dari penerimaan perguruan itu sendiri.

Lantas bagaimana bagi yang tidak keterima apa harus menyesali nasib dan harus bersedih. Tenang adek adek jangan bersedih dulu, masih banyak tempat untuk menuntut ilmu meskipun tidak di Negeri. PTS di kota malang juga tidak kalah bagus jika kamu tidak keterima di Negeri misalnya UNMUH Malang, STIE Malangkucecwara Malang, dan masih banyak lagi. Itu beberapa contoh kampus Perguruan Tinggi Swasta yang bisa menjadi rujukan jika kamu tidak lolos dalam ujian perguruan tinggi negeri.

Dan jangan lupa jika mendaftar di PTS silahkan perhatikan hal hal ini:

Nama baik Kampus
Cari informasi sebanyak mungkin mengenai riputasi kampus yang akan kamu daftari, apakah layak dan memiliki fasilitas yang baik dari segi apapun sehingga dapat menunjang proses belajar.

Tempat keberadaan Kampus
Lihat tempatnya apakah mudah terjangkau dari tempat kos atau rumah kamu dan strategis untuk proses belajar sehingga membuat nyaman mahasiswa.

Biaya Kuliah
Selalu konsultasi dengan kedua orangtua mengenai biaya kuliah di tempat PTS yang akan kamu daftari apakah sesuai dengan budget anggaran yang disediakan oleh ortu. Apakah ortu menyetujui, sampaikan sedetailnya kepada orang tua setelah mendapatkan informasi mengenai kampus yang akan kamu pilih.

Tidak kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Bukan Akhir dari segalanya, Perguruan Tinggi Swastapun Oke dan cukup baik jika anda bersungguh sungguh dalam menuntut ilmu. 

Blogging