Tips Memilih Kampus Agar tidak Terjebak Dalam Dilema

0
Tips Memilih Kampus Agar tidak Terjebak Dalam Dilema
Malang-Masih ada beberapa kampus selain Negeri alias swasta yang masih membuka pendaftaran mahasiswa baru atau MABA. Seperti biasanya bagi yang tidak lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilakakuan oleh pihak kampus Negeri biasanya lebih memilih untuk kuliah di berbagai perguruan tinggi atau kampus swasta.

Toh pada dasarnya sekarang ini kampus swastapun banyak yang memeberikan fasilitas dan tempat pendidikan yang cukup baik, bahkan bisa melebihi fasilitas negeri. Karena semakin ketatnya persaingan maka fasilitas untuk menarik maba sangat diperhatikan oleh sebagian kampus Swasta itu.

Disisi lain banyak lulusan dari kampus swasta yang bisa bersaing di dunia kerja. terkadang mereka yang notabene sangat pintar sewaktu di bangku sekolah menengah terkadang mereka ketika mengikuti tes di kampus negeri tidak lulus juga. Susi salah seorang pelajar dari madiun menuturkan, saya sebetulnya di sekolah bisa dibilang peringkat saya cukup bagus mas,tetapi ketika mengikuti seleksi tidak lolos. Mungkin ini masalah nasib saja, pungkasnya.

Ditanya soal bagimana selanjutnya apa mau ngelanjutin kuliah di perguruan tinggi Swasta atau nunggu tahun depan ikutan tes di kampus Negeri lagi, Susi menjawab gak tahu mas masih bingung.

Nah bagi kamu yang masih bingung dan tidak lulus ujian Negeri, nih ada Tips dari kabardekat.com jika ingin melanjutkan melalui perguruan tinggi swasta, berikut tips nya:

Niat Kuat
Bagi sebagian pelajar yang sudah gagal lolos ujian biasanya sudah tidak semangat lagi dalam mencari tempat menuntut ilmu lanjutan di tinggat perguruan tinggi. Demikian ini sebetulnya tidak perlu di sesali karena masih banyak perguruan tinggi swasta yang memiliki fasilitas dan jurusan yang lengkap. Niat yang kuat merupakan kunci utama untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Jika beranggapan bahwa kuliah di Swasta lebih mahal harus di hilangkan, meskipun memang berbeda tetapi sekarang ini biayanya sudah hampir sama antara negeri dan swasta. jadi jangan menyerah sebelum berperang. Niat yang kuat dan kemauan untuk menimba ilmu yang lebih adalah kunci utamanya.

Minat Jurusan
Jika sudah memiliki niat yang kuat sekarang tinggal mencari minat jurusan yang sesuai dengan bidang dan kemampuan kamu. ingat jangan sekali kali memilih jurusan hanya karena ikut ikutan dengan teman karena sangat merugikan bagi kamu. Selain nanti ketika sudah masuk dan tidak menguasai materi dan minat kamu bakalan bosan dan akan malas malasan dalam menuntut ilmu di perguruan tinggi.

Mencari informasi Kualitas Kampus yang akan di pilih.
Sebelum mendaftar di perguruan swasta ada baiknya melihat dan mencari informasi sebagus apa kwalitas pendidikan yang di berikan dari pihak kampus, fasilitas, dosen dan akreditasi dari program jurusan yang akan kamu ambil.

Datangi langsung Kampus yang menjadi Tujuan
Silahkan datang langsung ketempat tujuan anda gali lebih dalam kampus tersebut dari reverensi reverensi misalnya tanya ke mahasiswa yang sudah menuntut ilmu disitu, bisa tanya ke penjual penjual yang berada disekitar kampus itu biasanya akan lebih tahu.

Jangan hanya mendengar dari internet atau radio dan surat kabar saja. karena itu merupakan masa depan anda sendiri.

Blogging