Tips mudik lebaran ala kabar dekat 2014

0
Tips mudik lebaran ala kabar dekat 2014Kabar Dekat - Aroma kabar lebaran rupanya sudah semakin dekat nih, meskipun sebetulnya baru separo perjalanan yah sobat kabar dekat, namun tak apalah kalo kita bahas dulu. Sebuah tradisi turun temurun dari waktu ke waktu dari detik ke detik dari tahun ke tahun yang selalu dilakukan masyarakat menjelang libur lebaran adalah mudik ke kampung halaman.

Bagi masyarakat yang ingin mudik lebaran menggunakan kendaraan sendiri di tahun ini berikut beberapa tips supaya aman:

Persipkan kondisi fisik
Bagi yang ingin mengendarai kendaraan pribadi baik menggunakan sepeda motor maupun mobil anda harus benar benar dalam kondisi yang sehat dan fit apalagi bagi yang menyetir. Jika kondisi anda dalam keadaan tidak fit saya sarankan jangan memaksakan diri, lebih baik naik kendaraan umum yang pelayanannya baik.

Persiapkan kondisi Alat kendaraan
Sebelum berangkat mudik hendaknya memeriksa seluruh kendaraan tempur anda di jalan apakah layak untuk di ajak mudik. kabar dekat menyarankan untuk pemeriksaan kondisi kendaraan sebaiknya dilakukan 1 atau 2 hari sebelum berangkat misalnya periksa menyeluruh mulai dari:
  1. Kondisi ban, periksa tekanan ban, kemudian periksa apakah ban sudah gundul atau belum jika sudah baiknya segera di ganti.
  2. Pelek, apakah ada keretakan, kemudian jerujinya apakah ada yang kendor dan perlu di kencangkan.
  3. Kontrol kemudi, periksa rem, gas, kopling, kemudian kabel kabel kelistrikan apakah sudah berfungsi secara baik.
  4. Lampu, Periksa lampu lampu kendaraan anda apakah sudah baik semua apabila ada yang putus segera ganti.
  5. Oil, Segera ganti oil kendaraan dengan yang baru supaya kondisi mesin tetap stabil dalam perjalanan.
  6. Rantai, Periksa kondisi rantai apabila sudah tidak layak segera ganti, sebaiknya untuk mengganti rantai dilakukan satu set dengan girnya.
  7. Dan anda bisa periksa lebih detail lagi karena secara teknis anda yang mengetahui kondisi kendaraan anda, ingat jika tidak layak pakai sebaiknya jangan dipaksakan untuk di gunakan mudik lebaran karena resikonya sangat besar.
Pakai Helm sesuai standar yang di tetapkan
Ingat sebagai pengendara yang taat hukum dan untuk menjaga keselamatan kita sendiri wajib menggunakan helm sesuai Standar Nasional Indonesia ( SNI ).

Bawa barang secukupnya
Untuk membuat nyaman dalam mudik jangan membawa barang melebihi kapasitas karena sangat berbahaya, selain mengganggu dalam perjalanan membawa barang yang melebihi kapasitas membuat kendaraan tak seimbang sehingga dapat menimbulkan kecelakaan.

Patuhi rambu rambu lalulintas
Mudik lebaran adalah untuk bersilaturohmi dengan keluarga, jadi mohon untuk mematuhi rambu rambu lalulintas yang ada, jangan seenaknya saja menyerobot sana sini berkendaralah sebagai masyarakat yang taat aturan. jaga keselamatan diri anda dan keluarga kecil anda sampai di kampung halaman.

Istirahat di perjalanan jika kelelahan
Jangan paksakan memacu kendaraan anda tanpa beristirahat jika anda sendiri mengalami kelelahan, silahkan anda mencari tempat tempat yang aman atau rest time area, gunakan untuk melepas lelah dan berolah raga sedikit untuk menyegarkan tubuh anda.

Demikian beberapa tips mudik dari kabar dekat semoga perjalanan mudik anda selalu dalam keadaan yang aman tanpa ada kendala satu apaun sampai di kampung halaman.

Blogging