Membuat OpenID Untuk Komentar Blogger

0
Membuat OpenID Untuk Komentar Blogger
Kabardekat.com - Sudah tahukan apa yang di maksud OpenID, jika belum mari kita baca pengertiannya di bawah ini, bagi yang sudah mengerti dibaca lagi juga boleh kok. Oke kami ambil dari Wikipedia pengertian OpenID adalah: Sebuah standar desentralisasi dan terbuka bagi autentifikasi pengguna ( User ) dan kontrol akses yang memungkinkan pengguna ( User ) untuk masuk keberbagai layanan hanya dengan satu identitas digital ( ID ) yang sama. Dengan demikian OpenID menggantikan proses login umum yang biasanya menggunakan sebuah nama pengguna ( Username ) dan kata sandi ( Password ).

Bagaimana apakah paham, jika bingung secara sederhana dapat kita artikan bahwa OpenID merupakan identitas kita sebagai seorang blogger dan atau penulis komentar pada sebuah blog milik orang lain.

Mudah mudahan dengan penjelasan singkat di atas dapat dipahami, Lalu apa keuntungan dari membuat OpenID ini, tentu saja sangat memberikan keuntungan. Dengan berkomentar di blog orang lain menggunakan OpenID membuat sipemilik blog akan dengan mudah untuk mengunjungi balik ke blog kita tanpa harus melihat ke profil blogger. pengunjung blog akan di arahkan langsung ke website ataupun blog yang kita kelola, selain itu dari OpenID juga bagus untuk mendapatkan backlink sebagai SEO

Bagi yang masih belum mengetahui OpenID ini silahkan anda membuka salah satu postingan blog anda kemudian silahkan menuju kolom komentar di bawah postingan akan terdapat tulisan komentar sebagai atau comment as jika dalam bahasa inggris. Silahkan klik dibagian pilihan disitu ada beberapa pilah salah satunya adalah OpenID, itulah yang kami maksud dalam pembahasan kali ini. Lihat Gambar di bawah ini:
Membuat OpenID Untuk Komentar Blogger
Nah sudah paham kan, Lalu bagaimana cara membuatnya, berikut kita bikin secara step by step silahkan ikuti:
Langkah pertama sebelum membuat kita harus mengetahui OpenID kita sendiri, karena dengan membuat blog maka secara otomatis mempunyai OpenID berupa alamat blog, contoh: http://bloganda.blogspot.com.
Untuk melihat secara pasti alamat OpenID silahkan buka blog anda melalui Dashboar >> Setting >> Other >> OpenID
Tetapi pengalaman biasanya OpenID bawaan sering tidak bisa digunakan dan selalu muncul kata kata seperti ini " Your Openid Credentials Could Not Be Verified " maksutnya kita perlu memverifikasi bahwa itu merupakan OpenID punya kita. Nah kalau sudah begitu bagaiman cara memverifikasinya mari kita coba:

1. Masuk ke Dashboar >> Pilih Template >> Kemudian Klik Edit HTML
2. Cari menggunkan CTR + F kode <head>
3. kopi dan paste kode dibawah ini tepat di bawah kode <head> :

<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/>

4. Lalu tekan tombol Save

itulah rangkaian dalam membuat dan setting OpenID blog semoga berhasil. Namun ada beberapa kasus dengan cara di atas yang tidak berhasil dan mucul pemberitahuan " Ups! itu kesalahan atau Ups! that's an error ". Jika muncul demikian coba anda lengkapi dengan melakukan perbaikan seperti di bawah ini:
Silahkan daftar ke StackExchange lalu ikuti panduannya. Bagaimana apakah sudah mendaftar dan sudah login ke StackExchange, jika sudah silahkan cari dan klik tombol "Use Your Own URL to Log In", akan keluar kode seperti di bawah ini:
If you want to use your own URL to log in, add the following two tags to the head of the HTML:

<link rel="openid2.provider" href="https://openid.stackexchange.com/openid/provider">
<link rel="openid2.local-id" href="https://openid.stackexchange.com/user/7324v8bc-3w7d-500k-99c5-5454yui987x4">

this is known as OpenID delegation.

Silahkan modifikasi kode diatas  yang berwarna hijau tersebut dan gantilah tanda petik dua ( " ) menjadi petik satu ( ' ) serta tambahkan garis miring ( / ) diakhir tanda ( > ) menjadi ( /> ) sehingga setelah di rubah jadinya seperti ini:

<link rel='openid2.provider' href='https://openid.stackexchange.com/openid/provider'>
<link rel='openid2.local-id' href='https://openid.stackexchange.com/user/7324v8bc-3w7d-500k-99c5-5454yui987x4'/>

Kopy dan Paste kode diatas dan taruh di bawah kode < head > sehingga secara lengkap akan menjadi seperti ini:

<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/>
<link rel='openid2.provider' href='https://openid.stackexchange.com/openid/provider'>
<link rel='openid2.local-id' href='https://openid.stackexchange.com/user/7324v8bc-3w7d-500k-99c5-5454yui987x4'/>

Kode berwarna merah adalah cara yang pertama, jika tidak berhasil maka tambahkan kode yang berasal dari stackexchange yang sudah di modifikasi tadi. sedangkan kode yang kami warna biru akan berbeda satu sama lainnya.

Penting: Jika dengan cara menambahkan kode yang berasal dari  stackexchange.com berhasil maka ketika anda akan berkomentar anda juga harus dalam keadaan login ke websitenya stackexchange.com. Tetapi jika dengan cara pertama sudah berhasil maka anda tidak perlu sampai log in ke web nya stackexchange.com. Itulah panduan untuk membuat OpenID semoga dapat membantu dan berhasil dalam membuatnya.

Blogging