Temukan Bug pada layanan Facebook, Pemuda ini dapat $15.000

0
Temukan Bug pada layanan Facebook, Pemuda ini dapat $15.000
picture: twitter
Dalam sebuah ilmu digital tentu rekan rekan semua sudah paham yang namanya hacker, ya hacker atau peretas biasanya banyak yang beranggapan mereka selalu melakukan hal hal negatif atau melakukan kejahatan. Tetapi tidak semuanya hacker memiliki pemikiran dan sifat seperti itu.

Diera yang serba digital sekarang ini sebetulnya peranan seorang hacker juga dianggap penting. Tentu saja mereka yang dianggap hacker yang berjalan di jalur kanan alias hacker putih atau hacker baik baik. Merka para hacker dianggap juga sebagai salah satu yang dapat mendorong perkembangan teknologi digital dunia.

Dengan adanya hacker yang berprofesi positif tentu saja ini sangat membantu perusahaan perusahaan digital dalam mengatasi alias mengurangi kemungkinan adanya kebocoran sistem yang dimiliki ataupun tindakan peretasan oleh orang yang tidak bertanggung jawab alias hacker negatif. Sebagai seorang hacker positif ternyata mereka juga mendapatkan pengasilan atau uang yang cukup besar dalam aksi yang mereka kerjakan.

Seperti yang dilakukan oleh pemuda dari india ini yang bernama Anand Prakash, Dari aktifitasnya sebagai seorang hacker dia telah dihadiahi oleh perusahaan Facebook uang senialai $15.000 atas tindakannya melaporkan bahwa adanya kebocoran sistem atau yang sering disebut dengan Bug yang terdapat dalam layanan media sosial terbesar tersebut.

Dalam keterangan yang diberikan, Anand mengatakan bahwa Bug yang ada pada layanan Facebook yang berhasil ditemukan dapat memberikan sebuah akses bagi pria india ini untuk melakukan sebuah peretasan pada semua pengguna akun Facebook. wah wah gila ya..., dia menerangkan juga dapat mengases foto pengguna, pesan dan bahkan detil informasi mengenai kartu kredit dan kartu kredit si pengguna akun.

Nah bagaimana jika saja Anand adalah seorang peretas yang jahat tentu saja ini tidak hanya merugikan pengguna tetapi facebook sendiri tentu saja sangat dirugikan. dan sangat berdampak negatif yang luar biasa. Untung saja ini ditemukan oleh seorang hacker bertopi putih alias hacker baik.

Anand Prakash menambahkan bahwa bug ini terdapat pada detil beta.facebook.com and basic.beta.facebook.com. Dengan hal itu anand dapat melakukan perubahan atau penggantian password pengguna facebook dengan cara brute foce pada kedua laman tersebut.

Pada dasarnya anand adalah seorang engineering dan teknisi sistem komputer. Setelah menemukan celah tersebut ia kemudian langsung memberitahukan hal tersebut kepada pihak Facebook pada tanggal 22 Februari 2016. Kemudian di tanggal 2 Maret 2016 akhirnya Facebook merespon dan mengkonfirmasi. Berkat laporannya ini Anand Praskash mendapatkan imbalan dari pihak Facebook sebesar $15.000 bila dirupiahkan kurang lebih 200 juataan atas temuannya tersebut.

Sosok Anand Prakash
Anan Prakash adalah pria yang lahir di Bhadra Rajasthan India. Ia bekerja sebagai analisis keamanan digital diperusahaane-commerce besar india, Flipkart. Selain itu ia juga aktif melakukan penelitiian serta pengamatan terhadap sistem keamanan banyak patform online besar seperti twitter, google, facebook dan lainnya.

Dari kehebatannya ini kabarnya pria ini sudah banyak menemukan celah celah dari berbagai layanan media sosial besar dan juga perusahaan nokia, adobe, blackberry dan paypal yang dapat di hacker oleh para peretas yang tidak bertanggung jawab. Dari hasil beberapa temuan bug yang ia lakukan pria ini memiliki pendapatan mencapai $149.000 atau sekitar 1,9 Miliar.

Luar biasa cerita ini bisa sebagai motifasi dan bahan edukasi bagi para pemuda pemuda Indonesia untuk selalu berusaha dan belajar lebih giat supaya nantinya tidak slah jalan. menjadi seseorang yang bisa membantu orang banyak adalah hal yang cukup luar biasa. kisah yang menginspirasi untuk semuanya.

Blogging